-->

Monday 19 October 2020

20 oktober 2020

Bismillahirrahmanirrahim 

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

38 desain rumah minimalis terbaru ala MRM 2020

Mungkin bagi sebagian pembaca akan bertanya tanya apasih MRM 2020 itu? MRM 2020 adalah sebuah komunitas di facebook dengan member group lebih dari 680 ribu orang ketika artikel ini kami tuliskan. MRM sendiri merupakan singkatan dari "Model Rumah Minimalis 2020" group ini di buat dengan tujuan agar para member bisa  saling berbagi pengalaman dalam  membangun rumah, mulai dari desain rumah, dana yang di butuhkan, lama waktu pengerjaan bangunan sampai dengan hal hal yang bersifat teknis, seperti cara membersihkan kerak semen di keramik misalnya atau yang lainnya.
Buat anda yang sedang membaca artikel ini dan sedang dalam proses membangun rumah, atau anda adalah seorang pelaku konstruksi baik itu tukang bangunan, kontraktor maupun seorang arsitek maka group ini akan menjadi salah satu group yang wajib anda bergabung di dalamnya, saya akan sertakan link group di bagian akhir artikel ini!

catatan: sebelumnya artikel ini berjudul 38 desain rumah minimalis terbaru ala MRM 2020 dan kami merubah judul artikel ini pada 19 februari 2021 karena melihat konteks yang lebih sesuai dengan judul kita yang baru ini

Kembali ke topik kita, lalu apa yang di maksud dengan rumah minimalis? rumah minimalis di seluruh topik pembahasan kita di website ini itu maknanya kembali ke definisi "rumah minimalis ala indonesia" atau rumah yang di anggap minimalis oleh umumnya masyarakat kita di indonesia, bukan definisi secara ilmu arsitektur, karna makna minimalis ini menjadi berbeda maknanya ketika di ucapkan oleh warga net, melihat pembahasan ini secara utuh nantinya akan memperjelas apa yang kami maksudkan di penjelasan ini.

Sebagai kesimpulan pada pengantar bahasan kita kali ini maka 38 rumah minimalis terbaru dalam pembahasan ini adalah sebuah artikel yang mengulas tentang referensi rumah minimalis ala indonesia yang paling sering di upload di komunitas MRM 2020 dengan 38 referensi gambar contoh baik itu berupa foto ataupun masih dalam bentuk desain 3d.


akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INFO UNTUK JOIN !!!!

Desain rumah minimalis dengan atap limas
Desain rumah minimalis dengan atap limas


Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Desain rumah minimalis 1 lantai


Desain rumah minimalis 1 lantai adalah salah satu referensi desain yang paling banyak di cari oleh warga net, dimana dari pengamatan kami kebutuhan akan informasi rumah 1 lantai ini bisa jadi 9/10 dari member yang menanyakan referensi desain rumah, maksudnya apa dari 10 postingan member yang bertanya tentang referensi desain rumah maka 9 di antaranya bertanya mengenai referensi rumah untuk 1 lantai bangunan, hanya ada 1 atau bahkan tidak ada satu pertanyaanpun yang bertanya tentang referensi rumah 2 lantai.

Apa istimewanya rumah 1 lantai ini? tidak ada yg istimewa dengan rumah 1 lantai ini bahkan bisa di katakan rumah dengan 2 lantai bangunan memiliki nilai investasi yang jauh lebih baik dari rumah 1 lantai bangunan hanya saja hal ini lebih di karenakan faktor biaya pembangunan yang lebih murah dan keumuman member memang kami lihat memiliki lokasi rumah di pinggiran kota atau bahkan di perkampungan yang umumnya tidak membutuhkan rumah dengan dua lantai bangunan karena tapak rumah yang masih tergolong luas.

Dimaklumi Rumah 1 lantai berarti rumah dengan 1 lantai bangunan atau rumah yang keseluruhan luasannya landed atau berada di atas tapaknya, di website ini anda bisa menemukan lebih banyak referensi mengenai desain rumah 1 lantai ini pada kategori artikel rumah 1 lantai.

rumah minimalis terbaru 1 lantai
rumah minimalis terbaru 1 lantai

2. Desain rumah 2 lantai


Desain rumah 2 lantai menjadi desain rumah paling diminati oleh kebanyakan member yang ingin membangun rumahnya di tengah kota, ini di karenakan lahan yang sempit dan adanya keinginan untuk memaksimalkan jumlah ruangan yang ada di dalam bangunan. Dua contoh rumah 2 lantai kita di bawah mungkin tidak benar benar mewakili desain rumah minimalis pada definisi arsitekturnya, gambar yang pertama bisa kita katakan rumah minimalis ala jogja atau ala bali, ciri ini dapat kita kenali dari penggunaan mahkota pada desain atap limasannya. Adapun gambar ke dua merupakan desain rumah bergaya modern mediteranian yang juga kebanyakan warga net menganggapnya sebagai desain rumah minimalis.

Dari sisi biaya pembangunan rumah dengan 2 lantai bangunan memang memiliki kebutuhan dana yang jauh lebih besar di banding rumah satu lantai, ini di karenakan desain konstruksi rumah 2 lantai jauh sangat berbeda dengan rumah 1 lantai, mulai dari penggunaan konstruksi khusus pada pondasinya, seperti penggunaan pondasi tapak atau yang sejenisnya, kemudian penggunaan dimensi kolom balok yang lebih besar sampai dengan kebutuhan akan cor plat lantai yang lumayan menguras kantong.

Hanya saja berbicara mengenai mahal tidaknya biaya pembangunan rumah ini kembali kepada kebutuhan pemilik bangunan dan kekuatan dana yang dimiliki, semakin besar bajet yang di miliki pemilik rumah tentu biaya bangunan akan menjadi lebih ringan.

desain rumah 2 lantai
desain rumah 2 lantai

desain rumah 2 lantai
desain rumah 2 lantai

3. Desain rumah modern minimalis 3 lantai


Desain rumah  3 lantai bangunan menjadi pilihan bagi lebih sedikit member group yang akan membangun rumah, selain waktu konstruksi yang jauh lebih lama tentu saja biaya pembangunan yang jauh lebih besar menjadi alasan utamanya. Namun memiliki bangunan rumah 3 lantai tentunya bukan hal yang buruk selama anda memiliki dana yang cukup untuk pembangunannya. 

Perlu di perhatikan ketika anda merencanakan membangun rumah dengan 3 lantai bangunan sebaiknya tidak mendesain lantai per lantainya dengan jarak yang terlalu tinggi, misalnya jarak perlantainya 4,2 meter atau 3,6 meter, hal ini akan menjadikan bangunan akan tampak kurus dan cungkring, selain itu juga akan membuat pemilik bangunan membutuhkan energi lebih besar untuk sampai ke lantai 3 nya. Atau sebaliknya menggunakan jarak antar lantai yang terlalu rendah misalnya jarak 3 meter dari lantai ke lantainya hal ini juga tidak baik. 

Kami sendiri dalam praktek mendesain bangunan dengan jumlah lantai 3 atau 4 lantai biasanya mengkombinasikan 2 ketinggian jarak lantai perlantai, misalnya untuk jarak lantai 1 dan lantai dua kami menggunakan ukuran 3,6 meter sedangkan untuk lantai 2 ke 3 dan lantai 3 ke 4 kami menggunakan jarak 3 meter untuk lantai perlantainya, dengan ukuran seperti ini biasanya komposisi bangunan menjadi lebih menarik dan jarak tempuh pengguna dari lantai ke lantainya menjadi lebih ringan.

Desain rumah modern minimalis 3 lantai
Desain rumah modern minimalis 3 lantai

Desain rumah modern minimalis 3 lantai
Desain rumah modern minimalis 3 lantai

4. Desain rumah dengan roof garden


Roof garden atau taman di bagian atap bangunan mungkin belum populer di negeri kita, ini di karenakan keterbatasan sumber daya dan biaya yang dibutuhkan untuk membuat taman di atas atap yang fungsional dan menarik itu tidak murah. Namun tidak di pungkiri keberadaan roof garden akan sangat mempengaruhi nilai dan kesan bangunan. Bagi sebagian orang mendesain roof garden dengan menggunakan rumput sintetis menjadi pilihan mereka selain biaya yang lebih murah, instalasi yang mudah menjadi alasan membuat taman di atap ini namun tentu saja hasilnya tidak se natural apabila menggunakan tanaman asli.

Taman di atap bangunan bisa menjadi ruang inspiratif bagi pemilik bangunan, dimana selain menjadi tempat rekreasi keluarga di rumah, roof garden juga bisa menjadi tempat dimana pemilik rumah bisa bekerja secara online atau sekedar mencari inspirasi. Perlu juga diperhatikan ketika kita memutuskan untuk membuat taman di atap bangunan maka pemilik bangunan juga harus siap dengan perawatan dan maintenance nya agar taman ini bisa selalu berfungsi maksimal sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Desain rumah dengan taman di atap bangunan
Desain rumah dengan taman di atap bangunan

5. Denah rumah minimalis


Informasi mengenai desain denah rumah juga menjadi informasi yang sangat ramai di perbincangkan oleh para member dan pembahasan mengenai denah ini mengisi 50 persen dari porsi perbincangan di dalam group. Mencari tahu mengenai denah rumah adalah hal yang paling pertama akan di lakukan oleh para pemilik bangunan sebelum kemudian berbicara lebih jauh tentang desain tampak atau fasad bangunan yang di inginkannya. 

Denah rumah berdasarkan luasannya akan memunculkan desain desain denah tipikal seperti rumah type 36, rumah type 45, rumah type 60, rumah type 70 dan seterusnya. Type 36 maksudnya rumah dengan luasan fungsional 36 m2 begitu juga dengan type 45 berarti memiliki luasan fungsional 45 m2 dan seternya, dengan mengetahui luasan bangunan ini biasanya kita akan dengan mudah mengetahui berapa jumlah ruang yang memungkinkan untuk di aplikasikan pada rumah dengan luasan tertentu.

Denah rumah juga merupakan dasar dari seluruh proses perencanaan berikutnya, mulai dari tampak muka bangunan, desain atap sampai dengan perencanaan pondasi bangunan. Dari denah ini juga pemilik bangunan atau seorang arsitek dapat merencanakan tata letak perabot sejak dini sehingga efektifitas bangunan nantinya akan menjadi lebih teras.

denah rumah minimalis
denah rumah minimalis

6. Desain rumah dengan atap miring


Tidak di ragukan salah satu elemen pembentuk desain fasade bangunan adalah desain atap rumah, desain atap rumah berdasarkan bentuknya setidaknya akan terbagi menjadi beberpa bentuk desain atap, di antara yang paling populer adalah desain atap rumah limasan, atap rumah pelana, atap rumah rata atau datar dan atap rumah miring. Penggunaan atap rumah miring ini bentuk aplikasinya bisa bermacam macam, bisa miring ke depan, miring ke belakang, miring kesamping kanan, miring ke samping kiri atau kombinasi di antara beberapa jenis kemiringan misalnya saja seperti pada gambar contoh kita di bawah dimana dua sisi bangunan memiliki dua orientasi kemiringan atap yang berbeda, sisi kiri bangunan miring kekiri dan atap sisi kanan bangunan miring ke kanan, hasilnya cukup keren untuk dinikmati.

Bentuk atap miring 1 arah menjadi salah satu bentuk atap yang paling di senangi oleh warga group setelah bentuk atap limasan, oleh sebab itu jika anda memperhatikan 38 referensi desain kita pada artikel ini maka anda akan dapati sebagian besar desain atau foto rumah memiliki bentuk atap limasan. Bagi orang yang memilih bentuk desain atap miring selain desain yang unik alasan biaya yang lebih murah juga menjadi hal utama mereka menggunakan desain atap ini, dimaklumi konstruksi yang di butuhkan untuk sebuah desain atap miring umumnya lebih sederhana di banding dengan atap limasan atau pelana misalnya.

Desain rumah dengan atap miring
Desain rumah dengan atap miring

7. Desain rumah paling populer di dunia maya


Tahukah anda, pada group group rumah minimalis terdapat beberapa desain yang memiliki popularitas sangat menonjol, hal ini di karenakan desain tersebut sering kali di upload ber ulang ulang kali pada time line group, bukan karena desainnya yang fungsional tetapi lebih kepada tampilan bangunan yang menarik. 

Gambar kita di bawah ini merupakan salah satu desain rumah populer yang paling sering di upload ulang oleh para member group, kami sendiri tidak mengetahui pemilik asli desain ini apakah seseorang dengan pendidikan arsitek atau bukan maklum saja saat ini domain arsitektur desain rumah kini juga di lakoni oleh orang orang dengan baground umum yang memiliki kemampuan membuat gambar 3d visual.

Terlepas dari semua itu tidak di pungkiri bahwa desain fasade bangunan ini sangat di gandrungi oleh kebanyakan member, gambar ke dua di bawah adalah gambar dari rumah salah sau member yang telah mengaplikasikan desain ini di dunia nyatanya sangat mirip dan tentunya juga menarik seperti desainnya.

desain rumah populer di dunia maya
desain rumah populer di dunia maya

desain rumah populer di dunia maya
desain rumah populer di dunia maya

8. Desain rumah minimalis dengan atap limas


Desain rumah dengan atap limasan adalah desain rumah yang bisa dikatakan paling populer di indonesia, tidak terkecuali di komunitas kita ini akan dengan sangat mudah anda temukan berbagai desain rumah dengan model atap limas, baik yang di upload oleh member biasa maupun yang di upload oleh member arsitek. Model atap limas sering kali juga di sebut dengan model atap perisai atau model atap bungkus nasi, ciri dari model atap ini adalah keberadaan bubungan atap dan jurai jurai, selain itu juga model atap seperti ini akan mengalirkan alir hujan keseluruh arah atau sisi rumah, tidak seperti jenis atap lainnya yang hanya mengalirkan air hujan pada 1 atau dua sisi bagian rumah saja.

Meskipun biaya yang di keluarkan untuk membuat atap model ini bisa dikatakan relatif lebih mahal dari desain atap lainnya namun bentuknya yang jauh lebih diminati menjadikan sebagian besar pemilik bangunan lebih memilih menggunakan model atap ini, 5 gambar contoh kita di bawah adalah desain desain rumah dengan atap limas yang cukup sering di upload ulang di group, dan lima gambar ini kai garapkan cukup untuk memberi penggambaran bagi anda untuk mengetahui dengan jelas mengenai bentuk atap yang dimaksud dalam pembahasan ini.

desain rumah minimalis ala indonesia
desain rumah minimalis

Desain rumah minimalis dengan atap limas
Desain rumah minimalis dengan atap limas

Desain rumah minimalis dengan atap limas
Desain rumah minimalis dengan atap limas

Desain rumah minimalis dengan atap limas
Desain rumah minimalis dengan atap limas

Desain rumah minimalis dengan atap limas
Desain rumah minimalis dengan atap limas

9. Desain rumah minimalis dengan atap pelana


Selain dua model atap yang telah kita bahas sebelumnya  yaitu model atap miring dan model atap limasan terdapat juga 1 buah model atap yang cukup populer di indonesia terutama model atap ini paling sering di gunakan untuk desain rumah rumah di perumahan. Model atap ini dari konstruksinya merupakan desain atap dengan model pelana, hanya saja orientasi kuda kuda pelananya di buat searah dengan bangunan sehingga hasilnya menjadi seperti pada dua contoh kita di bawah.

Agar model atap ini menjadi lebih menarik biasanya sang arsitek atau perencana membuat permainan ketinggian dinding yang menyebabkan model atap pelana harus disusun dan terlihat menjadi lebih atraktif, namun pada kasus kasus khusus desain atap seperti ini di biarkan tetap sederhana tanpa disusun. 

Desain rumah minimalis dengan atap pelana
Desain rumah minimalis dengan atap pelana
Desain rumah minimalis dengan atap pelana
Desain rumah minimalis dengan atap pelana

10. Teras rumah minimalis ala warga net


12 referensi kita di bawah akan menjadi hal yang paling umum anda temukan di beranda group, saya sendiri menyebutnya sebagai rumah minimalis ala indonesia atau ala warga net. Fokus desain umumnya bermain pada area teras dan dinding fasade dimana tiang kolom teras dan kanopi menjadi elemen utama dalam desainnya. Kami menduga kebanyakan dari foto foto di bawah tidak di desain oleh seorang arsitek tetapi lebih kepada kreatifitas tukang dan pemilik rumah yang mengambil referensi dari rumah lain di lingkungannya atau bahkan dengan melihat referensi di internet atau di group group rumah minimalis.

Hasilnya cukup atraktif dan menarik bagi sebagian orang, tapi apakah desain desain ini fungsional? maka jawabannya hanya para pemilik rumahlah yang tahu. Kami sendiri lebih mendorong anda menggunakan jasa profesional dalam mendesain dan membangun rumah, di antara alasannya adalah untuk mencegah kerugian besar ketika membangun rumah karena tidak adanya desain yang fix untuk dibangun sehingga kerap kali terjadi perubahan yang menyebabkan konstruksi yang telah di siapkan sebelumnya tidak berguna atau sia sia.

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

rumah minimalis terbaru
rumah minimalis terbaru

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

Teras rumah minimalis ala indonesia
Teras rumah minimalis

11. Desain rumah dengan kombinasi warna cat pink


Topik mengenai kombinasi warna cat rumah adalah menjadi salah satu toipk yang juga sering kali di perbincangkan dan topik merah jambu ini menjadi salah satu kombinasi warna cat yang paling menarik untuk sebagian member group. Selain warna merah jambu, ada beberapa kombinasi cat rumah minimalis yang juga paling diminati oleh warga net, kombinasi kombinasi itu di antaranya adalah kombinasi warna cat hijau, biru tosca, coklat moka, hitam abu abu, merah, ungu dan lainnya. 3 gambar kita di bawah hanyalah salah satu contoh dari uploatan model rumah dari warga group yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda, kami sarankan anda untuk bergabung di group ini untuk referensi yang lebih banyak lagi!

rumah minimalis dengan warna cat pink
rumah minimalis dengan warna cat pink

rumah minimalis dengan warna cat pink
rumah minimalis dengan warna cat pink

rumah minimalis dengan warna cat pink
rumah minimalis dengan warna cat pink

12. Foto rumah minimalis 2 lantai ala warga group


Selain rumah dengan kombinasi warna cat rumah yang unik, foto foto rumah dua lantai dari warga group juga menjadi pemandangan yang biasa anda temukan di group walaupun tidak seramai referensi rumah lainnya. Hal yang paling umum di pertanyakan untuk kasus rumah dua lantai ini adalah seperti lama pengerjaan, jumlah tukang yang mengerjakan, biaya yang di keluatkan untuk membangun rumah tersebut, bagusan mana menggunakan batu bata atau hebel dan lainnya.

Foto rumah minimalis 2 lantai
Foto rumah minimalis 2 lantai

Foto rumah minimalis 2 lantai
Foto rumah minimalis 2 lantai

13. Desain rumah maksimalis


Selain desain mediteranian dan desain rumah klasik desain rumah bergaya maksimalis juga sering kali di sematkan dengan sebutan rumah minimalis oleh warga group dan memang pertanyaan apa itu minimais seringkali menjadi topik diskusi yang alot dari para member. Desain kita di bawah bisa dikatakan maksimalis dari form bangunan yang penuh dengan permainan bentuk dan profil sehingga bangunan terlihat sangat kompleks dari sisi bentuknya, sebagian orang menyukai desain seperti ini meskipun bagi sebagian lainnya desain seperti ini terlihat berat dan bikin mumet, semua kembali ke selera masing masing! namun perlu diperhatikan seribet apapun desainnya atau seminimalis apapun model sebuah bangunan maka unsur fungsional harus menjadi prinsip utamanya. 

Desain rumah maksimalis
Desain rumah maksimalis

Desain rumah maksimalis
Desain rumah maksimalis

14. Desain rumah dengan batu alam


Poin terakhir dari pembahasan kita kali ini adalah rumah dengan batu alam, batu alam di maklumi menjadi salah satu bahan material bangunan yang digunakan sebagai elemen finishing pada bangunan. Biasanya di gunakan untuk menutup dinding dan tiang kolom. Batu alam juga menjadi material yang di gunakan untuk menutup aksen bangunan sehingga penggunaannya tidak selalu banyak. Saya sendiri dalam setiap desain tidak menggunakan batu alam lebih dari 40 persen dari bidang dinding yang akan di tutupinya bahkan cenderung lebih sedikit, paling banyaknya sekitar 10 sampai 20 persen.

Sebagai janji kami pada pengantar artikel kami di atas beriku kai sertakan link group kita Model Rumah Minimalis 2020

Desain rumah dengan batu alam
Desain rumah dengan batu alam


Rumah Minimalis Info
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU




Categories

About Me

My Photo
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur
Powered by Blogger.

Popular Posts