-->

Monday 25 January 2021

 26 januari 2021


Bismillahirrahmanirrahim
 

Flooring sebagai anti rayap


Pernahkah kita memanggil vendor anti rayap utk membantu pekerjaan kita di lapangan? Mau sistem siram ataupun injeksi, berapa lama mereka dapat memberikan garansi? Paling hanya 3 tahun, setelah itu garansi tidak berlaku.
Kenapa kita masih mengandalkan anti rayap berbahan kimia yg bahkan hanya berfungsi efektif selama 3 tahun, jika ada cara lain yg tidak kalah efektif dan berfungsi selamanya?
Floor (lantai kerja) berupa beton rabat 1:3:5 dg tulangan 1 lapis, selain berfungsi sbg tatakan perancah saat pengecoran dan landasan/ konstruksi lantai keramik, juga dapat mencegah naiknya rayap dari dalam tanah ke bangunan kita. Langkah kerja rabat beton jika akan difungsikan sbg anti rayap, sbb:
1. Pasangan bata di bawah lantai harus tertutup rapat dg plesteran walaupun bukan plesteran rapi ......(gbr 1 & 2).
2. Pengurugan utk peninggian lantai s/d peil -0.12 (turun 12 cm dari lantai finish). Angka 12 cm ini berasal dari pasangan keramik+spesi = 5 cm, serta ketebalan rabat beton 7 cm, total 12 cm. .......(gbr 3).
3. Seluruh permukaan atas pasangan bata, termasuk pasangan bata sisi tepi bangunan ikut tertutup cor .......(gbr 4).

Pasangan bata yg menerus ke atas, dipasang menumpu rabat beton. Dg kata lain, pasangan bata dari bawah lantai tersekat oleh rabat beton, hingga tidak menyisakan celah bagi rayap utk naik. Spt kita ketahui, rayap naik ke permukaan lewat celah beton yg tidak rapat, atau naik lewat bata yg tidak matang. Rayap tdk mampu menembus beton yg padat dan rapat (mungkin merasa linu 🙂 )
Jika melihat hasilnya yg efektif, sebaiknya flooring semacam ini wajib kita terapkan utk bangunan khususnya rumah tinggal.


akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INFO UNTUK JOIN !!!!

Flooring sebagai anti rayap
Flooring sebagai anti rayap


Rumah Minimalis Info
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU

Categories

About Me

My Photo
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur
Powered by Blogger.

Popular Posts