-->

Friday 19 February 2021

19 februari 2021

Bismillahirrahmanirrahim
 
10 desain rumah minimalis dengan atap spandek

Atap spandek adalah salah satu jenis bahan penutup atap yang berbahan komposit yaitu campuran antara aluminium dengan seng dengan rasio komposisi 55 persen aluminium dan 45 % seng, dengan komposisi ini harapannya material atap ini kauh lebih tahan karat di banding dengan atap seng yang telah di kenali sebelumnya. Kami sendiri pertama kali mengenal bahan ini di awal tahun 2005 kalau tidak salah bersamaan dengan meningkatnya popularitas penggunaan rangka atap baja ringan saat itu.

Sebagai bahan alternatif penutup atap, atap spandek memiliki beberapa kelebihan di antaranya penggunaan atap spandek cenderung lebih murah, karena akan lebih hemat dari sisi kebutuhan bahan maupun dari sisi harga bahan itu sendiri, ini di karenakan bahan struktur pemikul atap juga cukup dengan menggunakan baja ringan, jika di bandingkan dengan penggunaan kayu saat ini untuk mendapatkan kayu dengan kualitas terbaik cukup mahal dan jika di bandingkan dengan atap genteng keramik harga tentu sangat jauh berbeda.

Atap spanndek juga memiliki desain yang unik dimana anda bisa membeli bahan ini dengan ukuran panjang yang di sesuaikan, kami sendiri pernah membei bahan ini dengan panjang sampai dengan 11 meter, itu artinya bahan ini jauh lebih aman dari kebocoran sambungan atap di banding dengan seng konvensional. Kelebihan lain dari bahan ini selain penggunaan sebagai atap, bahan spandek juga sering kali di gunakan sebagai dinding dekoratif pada interior bangunan, ini di karenakan bentuk dari gelombang atap spandek sangat mirip dengan bentuk dinding kontainer yang lagi populer saat ini.

Namun demikian atap spandek juga memiliki kekurangan, di antranya adalah suasana di dalam rumah yang sedikit bising ketika hujan datang, bagi saya pribadi hal ini tidak menggangu dan bahkan terkadang memberi suasanan kenyamanan tersendiri, namun bagi sebagian orang bising atap akan sangat mengganggu untuk mereka. Kekurangan lainnya juga bahan ini gampang 'kusut' apabila terkena angin kencang apalagi beberapa merek atap ini memang berkualitas sangat rendah, anda bsa menggunakan atap spandek dengan ketebalan tertentu untuk mencegah hal ini terjadi.

Pada artikel kita kali ini kita akan berbagai sebuah referensi desain rumah dari satu desain rumah yang sama dengan 10 buah gambar desain rumah yang akan kita ulas kedalam 9 sub bahasan, tentunya hal ini akan sangat menarik so simak terus artikelnya yah!



akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INFO UNTUK JOIN !!!!

desain rumah minimalis dengan atap spandek
desain rumah minimalis dengan atap spandek


Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Desain rumah minimalis 1 lantai


Desain rumah minimalis kita kali ini merupakan rumah dengan 1 lantai bangunan, ketinggian pailing lantai teras terbilang standar 40 cm dari lantai 0 halaman, jadi desain ini seperti umumnya desain rumah rumah di indonesia, uniknya dari titik 0 ke lantai teras sang arsitek menggunakan 4 anak tangga dengan ketinggian masing masing 10 cm, dan menurut hemat kami ini adalah ketinggian yang kurang cocok untuk anak tangga standar dengan lebar pijakan 40 cm.

Biasanya untuk ukuran tangga seperti ini yang paling nyamannya kita bisa menggunakan pailin 20 cm untuk perbedaan setiap anak tangga, menggunakan pailing 10 cm tidak salah hanya saja sebaiknya digunakan pada desain tangga yang lebih luas agar orang yang menggunakannya tidak mudah terjatuh.

desain rumah minimalis dengan atap spandek
desain rumah minimalis dengan atap spandek

2. Desain rumah minimalis 2 kamar tidur


Desain rumah ini juga merupakan desain rumah dengan 2 kamar tidur, denah rumah ini kami sertakan pada poin ke 8 dari pembahasan kita di artikel ini. Dengan 2 kamar tidur dan desain bangunan seperti ini sebaiknya anda aplikasikan pada bangunan yang bersifat personal bukan perumahan ini dikarenakan nilai investasinya akan kurang pas dengan pengelolaan keuangannya namun pada kasus rumah tinggal pribadi, maka dengan 1 kamar tidurpun anda bisa membuat bangunan dengan spesifikasi bangunan yang wah!

gambar rumah minimalis dengan atap spandek
gambar rumah minimalis dengan atap spandek

3. Desain rumah minimalis atap miring


Desain rumah minimalis atap miring akan sangat erat kaitannya dengan penggunaan atap spandek ini, dan desain desain dengan atap miring satu arah, kemudian menggunakan kemiringan atap yang landai seperti contoh kita kali ini itu memang sangat pas di eksekusi menggunakan atap spandek, dan adanya atap spandek memang memungkinkan untuk mendesain bangunan dengan model model seperti ini, jika anda menggunakan genteng keramik atau genteng beton dengan model atap seperti ini maka peluang rembes atau bocor dari atap akan sangat besar.

gambar rumah minimalis dengan atap spandek
gambar rumah minimalis dengan atap spandek

foto rumah minimalis dengan atap spandek
foto rumah minimalis dengan atap spandek

4. Desain dinding rumah minimalis


Hal yang juga menarik untuk di ulas dari referensi desain kita kali ini adalah, eksekusi pengelolaan desain profil pada dinding dimana bisa kita saksikan sebagian besar dinding luar rumah ini di eksekusi dengan permainan profil garis dan list profil. Desain profil menjadi sangat menarik dengan pewarnaan yang pas pada bingkai list profil dan takikan betonnya, hanya saja eksplorasi penggunaan profil dan takikan ini sebenarnya masih bisa di lakukan lebih baik lagi dari ini sehingga desain tidak terkesan monoton dan membosankan.

foto rumah minimalis dengan atap spandek
foto rumah minimalis dengan atap spandek

5. Desain interior rumah minimalis


Desain interior rumah bergaya minimalis dengan pewarnaan yang simple dan penggunaan desain plafon yang cukup sederhana. Sebagian orang di negeri kita menamai model plafon seperti ini dengan model plafon kolam. Tidak ada hubungan secara langsung antara desain plafon dengan penggunaan atap miring maupun spandek hanya saja penggunaan bahan yang lebih anti bising bisa menjadi hal yang baik untuk di gunakan pada plafon, misalnya saja penggunaan bahan gypsum board pada plafon.

model rumah minimalis dengan atap spandek
model rumah minimalis dengan atap spandek

6. Desain dapur menyatu dengan ruang makan


Ukuran bangunan yang cukup kecil menjadikan desain interior bangunan perlu di siasati dengan menggabungkan beberapa fungsi dalam satu ruang multy, salah satunya adalah dengan menggabungkan dapur dan ruang makan. Atau juga menggabungkan antara ruang tamu dengan ruang TV, atau ruang TV dengan ruang keluarga, atau menggabungkan ketiganya secara sekaligus dengan penataan interior yang baik hal hal seperti ini selalu bisa untuk di lakukan.

model rumah minimalis dengan atap spandek
model rumah minimalis dengan atap spandek

7. Desain kamar mandi minimalis


Desain kamar mandi minimalis dengan tema putih, Jadi mulai dari lantai, kemudian dinding dan plafonnya bahan bahan didominasi dengan corak putih atau warna yang mengarah ke putih. Tema ini menjadi lebih terasa ketika perlengkapan kamar mandi seperti closet, wastafel bahkan kabinet tempat handuk dan perlengkapan mandi di letakkan juga di desain menggunakan warna putih.

contoh rumah minimalis dengan atap spandek
contoh rumah minimalis dengan atap spandek

8. Denah rumah minimalis 2 kamar tidur 1 lantai luas 80 m2


Desain rumah ini masih bisa dikatakan sebagai rumah mungil dengan 2 kamar tidur, jika kita perhatikan kebutuhan ruang memang cukup sedikit hanya ada teras, 2 buah kamar tidur, 1 ruang multy, ruang makan dan dapur, dan jenis ruangan ini juga biasa kita temukan pada rumah type 36, 45 atau 56, namun mengapa rumah ini menghabiskan luasan sampai 80 meter persegi, jawabannya adalah ini di karenakan luasan tiap ruang dari desain rumah ini tidak seperti yang umumnya ada pada rumah type di indonesia.

Miasalnya saja pada teras memanjang yang cukup luas, kamar tidur berukuran 3x4 meter, kamar mandi berukuran 1,5x3 meter dan ruang ruang umumnya pada desain ini berukuran lebih luas dari rumah tipe yang telah kita kenal.

contoh rumah minimalis dengan atap spandek
contoh rumah minimalis dengan atap spandek

9. Dana yang di butuhkan untuk membuat rumah minimalis


Dengan mengetahui luasan bangunan maka kita dengan sederhana bisa menyimpulkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun desain rumah seperti pada referensi kita kali ini. Di maklumi di poin sebelumnya kita telah mengungkapkan bahwa luasan total rumah ini kurang lebih 80 meter persegi yang jika di perkalikan dengan biaya borongan 3 juta permeter maka hasilnya adalah 240 juta rupiah, jika di perkalikan dengan biaya borongan 2,5 juta/meter maka hasilnya adalah 200 juta rupiah dan jika di kalikan dengan harga 2 juta permeter maka hasilnya adalah 160 juta rupih, jadi 3 harga ini bisa di jadikan patokan untuk memulai membangun desain rumah ini.

Untuk biaya yang lebih akurat kami tetap sangat menyarankan jasa profesional untuk menghitung RAB untuk bangunan yang ingin anda bangun.


Rumah Minimalis Info
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU

Categories

About Me

My Photo
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur
Powered by Blogger.

Popular Posts