-->

Friday, 20 August 2021

20 agustus 2021

Bismillahirrahmanirrahim
 
Drainage Lantai Dek Kayu

Secara umum, konstruksi lantai dek kayu cukup sederhana. Terdiri 2 bagian saja, yakni rangka (bantalan) yg menapak pd floor, dan dek di atasnya.
Namun akan sedikit berbeda jika dek cukup lebar dan terkena hujan/ tampias. Kemiringan lantai dibutuhkan agar air yg turun di sela-sela dek dapat mengalir, sehingga kayu bantalan tidak lapuk oleh air.
Tuntutannya disini adalah, bagaimana air dapat mengalir namun permukaan lantai dek tetap rata sehingga meja dan kursi cafe di atasnya tidak miring.
Maka konstruksi bisa kita rekayasa sbb:
1. Kita buat bantalan di floor yg terbuat dari adukan/ plesteran, dg posisi rata (di foto terlihat spt pematang sawah). Jarak bantalan sesuai standar konstruksi sktr 60 cm.
2. Floor antara bantalan semen kita screed dg kemiringan sktr 1%. Agar tidak makan space, kemiringan kita bagi 2 sesuai arah panah. Pd ujung jauh dan ujung dekat, terdapat lubang2 pvc utk membuang air ke bawah panggung.
3. Bantalan lantai dek berupa kayu uk 3 x 4 cm kita pasang melintang bantalan semen, dan kita paku mati pd bantalan semen. Jarak rangka/ bantalan kayu maksimal 40 cm utk ketebalan kayu dek 2 cm. Jarak rangka kayu sangat ditentukan oleh ketebalan kayu dek dan jenis kayunya.
4. Papan dek kita pasang melintang rangka, dg bantuan lem dan paku tembak.
5. Jarak antar papan dek kita kasih naad 5 mm, agar air hujan lancar turun ke bawah menuju lantai screed tadi.

Cara/ metoda pemasangan lantai dek di atas sebenarnya tidak ada standar bakunya. Semua tergantung kreativitas kita dalam melaksanakan konstruksi. Tdk tertutup kemungkinan ada cara lain yg lebih praktis dan ekonomis?


Drainage Lantai Dek Kayu
Drainage Lantai Dek Kayu


Rumah Minimalis Info
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU

Categories

About Me

My Photo
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur
Powered by Blogger.

Popular Posts