-->

Friday, 30 July 2021

30 juli 2021

Bismillahirrahmanirrahim
 
Fenomena bending pada kaca tempered

Kaca tempered yg kita kenal banyak dipakai dalam bangunan maupun mobil, dihasilkan dari kaca biasa yg dipanaskan pd suhu tertentu sehingga kaca berada pada titik lunak, kemudian didinginkan dalam waktu yg cepat. Proses ini menghasilkan kaca yg lebih kuat terhadap benturan. Namun pd benturan keras yg berada pada batas ketahanan, kaca akan pecah juga menjadi butiran2 kecil, sehingga tidak membahayakan orang-orang yg berada di dekat pecahan kaca. Proses ini mirip-mirip dg proses penyepuhan pada pembuatan senjata tajam.

Namun implikasinya pd saat proses pemanasan dan pendinginan, kaca akan mengalami bending (bengkok/ melengkung). Semakin panjang kaca, efek bending akan semakin besar.

Seperti contoh dalam foto di atas, partisi kaca setinggi 3 meter sebetulnya tidak lurus 100%, namun ada lengkungan beberapa milimeter. Hal ini akan bermasalah pada kerapihan pertemuan antar kaca, yg jika tidak benar pemasangannya, akan mengakibatkan permukaan sambungan kaca tidak rata (nyisil) bbrp milimeter.

Pemasangan yg baik adalah:
- amati arah lengkungan masing2 kaca.
- memasang kaca (kiri dan kanan) dg arah lengkungan yg sama, akan mengakibatkan partisi kaca melengkung secara keseluruhan. Akibatnya jika terkena bias sinar, akan terlihat bergelombang.
- pasang kaca sebelah kiri dan kanan dg arah yg berlawanan (gambar kanan atas).
- gunakan pipa pvc di kedua sisi kaca, lalu diikat dg kawat galvanis (kawat jemuran). Puntir kawat sampai pipa menekan kaca secara merata, hingga kedua kaca berada pada posisi rata. Jumlah pipa/ puntiran yg diperlukan minimal 1 bh di tengah ketinggian kaca. Akan lebih baik hasilnya jika bagian atas dan bawah kaca juga di-pres (tergantung kondisi lengkungan kaca).
- pd saat kaca sudah rata, barulah dilakukan pengeleman naad kaca menggunakan sealant. Gunakan sealant jenis asam utk kaca yg tidak terkena panas dan hujan seperti partisi ini.

Sepertinya masalah yg cukup sepele, namun jika luput dari pengawasan akan menghasilkan partisi kaca yg kurang rapi.

sumber: Mhd Dalang

Fenomena bending pada kaca tempered
Fenomena bending pada kaca tempered


Rumah Minimalis Info
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU

Categories

About Me

My Photo
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur
Powered by Blogger.

Popular Posts